ANALISIS INDEKS KESUKARAN DALAM PENGEMBANGAN ITEM TES PADA KONSEP SEL TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Maulida Maulida, Muhibbuddin Muhibbuddin, Yusrizal Yusrizal

Sari


Penelitian ini bertujuan menganalisis indeks kesukaran item tes pada materi sel tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai dengan april. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan tipe formative reseach dengan bentuk tes pilihan ganda sebanyak 100 item tes. Subjek penelitian yang dipakai adalah sebanyak 43 siswa. Tes disusun dan divalidasi oleh tim ahli kemudian diberikan kepada subjek penelitian, data yang didapatkan di analisis dengan menggunakan rumus indeks kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 52 item tes dengan kategori indeks kesukaran “mudah”, 40 item tes dengan kategori indeks kesukaran “sedang” dan 8 soal berada dalam kategori indeks kesukaran “sukar”. Dapat disimpulkan item tes yang telah valid telah memenuhi persyaratan dan telah dapat digunakan.


Kata Kunci


Pengembangan Instrumen Tes; Pilihan Ganda; Sel

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.