PENGGUNAAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA

Nurul Akmal, Cut Nurmaliah, Abdullah Abdullah

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis melalui penggunaan pendekatan active learning pada mata kuliah zoologi vertebrata di Universitas Serambi Mekkah Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan sampel 45 orang mahasiswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05, dan untuk berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa dengan persentase. Hasil uji t diperoleh peningkatan hasil belajar mahasiswa thitung 8,24 dan ttabel 2,63. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat dengan ratarata N-Gain sebesar 70,65. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dikategorikan baik dengan persentasenya sebesar 66,41 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan pendekatan active learning pada mata kuliah zoologi vertebrata terjadi peningkatan yang signifikan. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui proses kegiatan praktikum zoologi vertebrata dengan menggunakan pendekatan active learning terjadi peningkatan.


Kata Kunci


Pendekatan Active Learning; Hasil Belajar; Berpikir Kritis; Zoologi Vertebrata

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.